Tuesday, November 18, 2008

Meditasi Sebagai Alternatif Dalam Penyembuhan Ketergantungan Narkoba

Kesadaran adalah rasa awas mengenai diri sendiri dan lingkungan sekitar. Dari pengertian tersebut dapat kita artikan bahwa kesadaran mempunyai dua komponen. Pertama adalah pemantauan diri sendiri dan lingkungan sehingga persepsi, memori dan proses berpikir diwujudkan dengan kesadaran. Kedua adalah mengendalikan diri sendiri dari lingkungan sehingga kita mampu memulai dan mengakhiri aktivitas perilaku dan kognitif yang kita lakukan. Tingkat kesadaran seseorang tidaklah sepenuhnya sama, akan tetapi mengalami perubahan. Perubahan tersebut terjadi jika terdapat perubahan dari pola fungsi mental yang sebelumnya kelihatan lazim menjadi perubahan yang berbeda dari biasanya. Tidak semua tindakan dibimbing oleh keputusan sadar dan juga tidak semua pemecahan terhadap masalah di bawa di tingkat kesadaran. Salah satu pendapat psikologi modern adalah bahwa peristiwa mental melibatkan proses sadar dan tak sadar, banyak orang melakukan keputusan diluar dari kesadarannya. Sehingga kesadaran sesungguhnya memiliki peranan penting yaitu mengarahkan dan mengendalikan perilaku seseorang. Seseorang mempunyai kesadaran yang stabil akan melakukan segala sesuatu berdasarkan kemauan dan kemampuanya, namun tetap pada koridor yang benar secara akal. Karena keterbatasan kemampuan yang seseorang miliki, banyak seseorang yang lari dari masalah yang dihadapi dengan mengkonsumsi obat psikoaktif / narkoba, dengan dalih dapat meningkatkan kesadaran dan menyelesaikan masalah yang mereka hadapi.
Padahal, obat psikoaktif adalah senyawa yang dapat mengubah persepsi, suasana hati,pikiran, ingatan bahkan perilku manusia. Pada saat sekarang ini banyak orang yang menggunakan obat psikoaktif tersebut dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran seperti Benzodiazepin,obat ini berfungsi menurunkan kecemasan menurunkan ketegangan serta gangguan fisik yang berhubungan dengan stress Penggunaan obat-obat itu berfungsi untuk mengubah kesadaran,mengurangi rasa sakit dan ketidak nyamanan serta melarikan diri secara psikologis. Banyak orang-orang mengasumsikan bahwa penggunaan obat-obat tersebut dapat mengatasi masalah yang sedang mereka hadapi. Padahal penggunan obat-obatan tersebut sesungguhnya merusak sistem saraf pusat, sehingga akan mengalami ketergantungan psikologis dan fisik. Ketergantungan psikologis maksudnya adalah jika sesorang sudah memiliki kebiasaan memakai obat untuk menghilangkan kecemasan maka dapat mengalami ketergantungan kepada obat tersebut. Sedangkan ketergantungan fisik atau adiksi adalah pemakaian yang terus-menerus dengan dosis yang bertambah besar utnuk mendapatkan efek yang sama. Jika hal tersebut tidak dilakukan maka maka seseorang tersebut akan mengalami reaksi fisik dan psikologis yang tidak menyenangkan, dan jalan satu-satunya adalah seseorang tersebut akan berusaha mendapatkan obat-obatan tersebut untuk mendapatkan kesenangan.
Meditasi adalah mengendalikan diri dengan memberikan perhatian dengan memusatkan pikiran pada suatu pokok permasalahan. Proses ini merupakan upaya untuk mengubah kesadaran dengan ritual atau latihan tertentu. Teknik meditasi ini sangat efektif untuk menimbulkan relaksasi dan menurunkan kesadaran fisiologis kerana latihan ini bisa membantu dalam mengatur pernafasan, membatasi perhatian terhadap hal-hal yang mengganggu pikiran. Dengan begitu terjadi penurunan yang bermakna terhadap kecepatan pernafasan, penurunan konsumsi oksigen, kecepatan jantung, tekanan darah, dan konsentrasi darah menurun. Selain itu, teknik meditasi ini membantu mengatasi kecemasan kronis dan meningkatkan kepercayaan diri.
Dalam buku Meditasi Mencapai Hidup Bahagia karangan Prof Dr dr Luh Ketut Suryani, psikiater dan dosen Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, meditasi diartikan sebagai proses pemusatan perhatian, yang menyebar menjadi satu perhatian, yang dilakukan secara sadar. Dengan meditasi, seseorang bisa belajar menjalani hidup dengan baik atas dasar keinginannya sendiri dan mencoba mengatasi masalah yang dihadapi. Apa pun yang terjadi selalu diterima dan disyukuri. Perasaan inilah yang menimbulkan keinginan untuk menikmati hidup dari sisi baiknya. Akhirnya, hidup menjadi terasa menyenangkan. Dengan konsep itu, maka meditasi dapat dijadikan alternatif dalam penyembuhan ketergantungan narkoba, hal tersebut bisa kita lihat dengan banyaknya lembaga sosial atau tempat rehabilitasi narkoba, menurut sumber yang saya baca kebanyakan dari lembaga sosial tersebut menggunakan meditasi sebagai alternatif dalam menyembuhkan seseorang yang mengalami ketergantungan narkoba.
Referensi :
• Atkinson,RitaL, dkk.Pengantar Psikologi Jilid 1.Batam,Interaksa.
• ------------------------.Pengantar Psikologi Jilid 2. Batam,Interaksa.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah menyempatkan diri untuk mampir. Mari berbagi pandangan, inspirasi dan ilmu pengetahuan.