Tuesday, November 18, 2008

Peranti lunak aplikasi

Peranti lunak aplikasi terdiri atas program-program yang dirancang untuk menjadikan para pengguna lebih produktif membantu mereka mengerjakan tugas proyek-proyek grafis dan multimedia,mendukung tugas-tugas,memfasilitasi komunikasi.Untuk menggunakan peranti lunak aplikasi,kita harus memerintahkan sistem operasi untuk memulai program tersebut.Untuk memulai aplikasi dalam Windows XP:klik start,klik nama program pada menu start,begitu dimuat dalam memori program tersebut ditampilkan dalam sebuah jendela(Windows)pada desktop.
Piranti lunak bisnis adalah piranti lunak aplikasi yang membuat kita lebih efektif dan efisien selama melakukan aktivitas bisnis sehari-hari.Piranti ini memuat program-program berikut:Piranti lunak pengolah kata,spreadsheet,basis data,presentasi grafis,pencatatan,personal information manager,piranti lunak management proyek,dan piranti lunak akuntansi.
Piranti lunak grafis dan multimedia: Piranti lunak ini meliputi disain berbantuan komputer,tata letak penerbitan,penyuntingan gambar,foto,video,dan audio serta pembuatan multimedia.
Piranti lunak untuk pengguna rumahan,perorangan,dan pendidikan termasuk piranti lunak aplikasi seperti pengolah kata,spreadsheet,dan basis data kedalam satu paket tunggal yang mudah digunakan.Fitur utama program ini adalah:
1. Piranti lunak keuangan pribadi:Merupakan program akuntansi yang disederhanakan yang membantu kita dalam mengelola cek,membayar tagihan,melacak pendapatan dan pengeluaran,dan lain-lain.
2. Piranti lunak tata letak dan penerbitan perorangan:membantu dalam pembuatn laporan,brosur,iklan,kartu pos,kepala surat,dan lain-lain.
3. Piranti lunak penyuntingan gambar:membuat gambar bentuk serta memodifikasi foto dan gambar.Piranti lunak perancangan rumah atau lanskap, dan Piranti lunak pendidikan
Piranti lunak aplikasi untuk komunikasi: Piranti lunak aplikasi untuk komunikasi antara lain: email untuk mengirim pesan, FTP untuk download dan upload file, penjelajah untuk Web mengakses dan melihat halaman web, konferensi video atau panggilan telepon untuk percakapan, kelompok warta/papan pesan untuk diskusi tertulis secara online, ruang mengobrol untuk percakapan online, pesan instant untuk pertukaran pesan-pesan, dan blog untuk membuat dan mengelola blog.
Fungsi dari program-program utilitasProgram-program utilitas mendukung keberhasilan penggunaan piranti lunak aplikasi. Program utilitas yang banyak digunakan antara lain program antivirus untuk melindungi komputer dari virus dan menghilankannya, personal firewall mendeteksi dan melindungi PC dari gangguan yang tidak diinginkan. Program lainnya adalah spyware remover, program anti spam, pop-up blocker. Bantuan online adalah padanan elektronik dari sebuah manual untuk pengguna.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah menyempatkan diri untuk mampir. Mari berbagi pandangan, inspirasi dan ilmu pengetahuan.