Monday, November 24, 2008

KOMUNIKASI DAN JARINGAN

Komunikasi komputer adalah sebuah proses dimana dua atau beberapa komputer atau perangkat memindahkan data, perintah dan informasi.Demi suksesnya proses komunikasi dibutuhkan: sending devices, perangkat yang menghubungkan sending devices ke communication channel, communication channel, perangkat yang menghubungkan communication channel ke receiving devices, dan receiving devices.
Kegunaan dari komunikasi komputer antara lain layanan pesan nirkabel, titik akses internet nirkabel, cybercafe, Global Positioning System (GPS), kolaborasi, groupware, voice mail, layanan web (web service).
Jaringan adalah sekumpulan komputer dan perangkat yang terhubung bersamaan melalui perangkat dan media komunikasi. Ada tiga macam jaringan yaitu LAN, MAN, dan WAN. Adapun arsitektur jaringan, ada dua yaitu jaringan klien/server dan jaringan peer-to-peer. Intranet adalah jaringan internal yang menggunkan teknologi internet. Intranet pada dasarnya adalah versi kecil dari internet yang terdapat dalam perusahaan. Standar jaringan (network standard) adalah panduan yang menjabarkan secara rinci cara komputer mengakses media yang menempel kepadanya. Standar yang menyebutkan karakteristik tentang cara dua perangkat jaringana berkomunikasi disebut sebagai protokol. Beberapa jaringan komunikasi standar yang digunakan secara luas untuk jaringan kabel dan nirkabel antara lain: ethernet, token ring, TCP/IP, 802.11 (Wi-Fi), bluetooth, IrDa, RFID, WiMax, dan WAP.
Peranti lunak komunikasi (communication software) terdiri atas program yang membantu menyambungkan pengguna dengan komputer atau jaringan lain, mengatur transmisi data, menyediakan antar muka bagi pengguna untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya. Ada dua saluran untuk berkomunikasi melalui jaringan telepon, yaitu saluran dial-up dan saluran khusus (dedicated line). Ada empat jenis saluran digital khusus yaitu ISDN, DSL, T-carrier, dan ATM.
Ada tujuh perangkat komunikasi, yaitu modem dial-up, modem ISDN dan DSL, modem kabel, modem nirkabel, network card, Wireless Access Point (WAP), dan router.
Pengguna rumahan dapat menggunakan jaringan rumahan dengan kabel maupun jaringan rumahan nirkabel. Jaringan rumahan dengan kabel dapat menggunakan ethernet, kabel listrik atau saluran telepon.
Media transmisi fisik yang digunakan untuk komunikasi adalah kabel twisted pair, kabel koaksial, dan kabel serat optik. Adapun media transmisi nirkabel antara lain inframerah, radio pemancar (broadcast radio), radio seluler (cellular radio), gelombang mikro (micromaves), dan satelit komunikasi (communication satellite).

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah menyempatkan diri untuk mampir. Mari berbagi pandangan, inspirasi dan ilmu pengetahuan.