Tuesday, November 18, 2008

BERBAGAI KOMPONEN KOMPUTER

Unit komputer adalah suatu rangka yang didalamnya terhadap komponen-komponen elektronik komputer yang digunakan untuk memproses data. Komponen-komponen elektronik tersebut antara lain mothe board, prosesor, memori, adapter card, port, drive bay dan power supply.
Motherboard adalah papan sirkuit utama dari suatu komputer. Komponen yang terhubung padanya antara lain adapter card, cip prosesor dan modul memori. Prosesor atau CPU melaksanakan perintah-perintah dasar untuk mengoperasikan komputer. Prosesor memiliki sebuah unit kontrol dan ALU. Unit kontrol mengarahkan dan mengoordinasikan hampir seluruh operasi komputer. ALU melakukan operasi aritmatika, perbandingan, dan lainnya. Prosesor mengulangi suatu rangkaian yang terdiri atas 4 operasi dasar, yaitu pengambilan, penerjemahan, eksekusi, dan penyimpanan. Prosesor bergantung pada system clock, system clock menghasilkan detak-detak elektronik secara teratur, yang mengatur kecepatan operasi dan komponen-komponen komputer. Kinerja komputer dipengaruhi oleh clock speed yaitu kecepatan system clock yang diukur melalui jumlah detik per detik. Faktor lainnya adalah jenis cip komputer, jumlah, cache, waktu akses memori, lebar bus dan bus clock speed. Kita pernah mendengar prosesor multicore termasuk didalamnya dual-core yaitu cip yang memiliki lebih dari satu prosesor yang terpisah.
Komputer bersifat digital, yaitu hanya mengenal angka 0 dan 1. Oleh karena itu komputer dikenal dengan sistem biner. Angka 0 dan 1 dikenal sebagai bit, apabila 8 bit berkumpul menjadi satu maka terbentuklah byte. Kombinasi 0 dan 1 yang mewakili karakter-karakter difinisikan oleh pola-pola disebut sistem pengodean. Dua skema pengodean yang populer adalah ASCII dan EBCDIC.
Memori menyimpan tiga katagori dasar yaitu sistem operasi dan peranti lunak sistem lainnya, program-program aplikasi, dan data yang sedang diproses. Peran memori tersebut dikenal sebagai stored program concept. Ada dua jenis memori, yaitu volatile dan nonvolatile. RAM termasuk ke dalam memori volatile, ada 3 jenis RAM, yaitu RAM dinamis (DRAM), RAM statis (SRAM), dan RAM magnetoresistif (MRAM). Cache memori mempercepat proses komputer karena menyimpan data yang sering digunakan. Ada 2 jenis cache, yaitu cache L1 dan cache L2. Prosesor sekarang menggunakan advanced transfer cache, sebuah cache L2 yang dipasang langsung pada prosesor. Jika prosesor memerlukan perintah/data, prosesor mencari dengan urutan : cache L1  cache L2  RAM  media penyimpanan. Produsen cip-cip ROM sering menyimpan data dalam cip-cip yang disebut firmware.
Memori non volatile lain adalah memori flash, kebanyakan komputer menggunakan memori flash untuk menyimpan perintah untuk memulai. RAM dan cip memori flash menggunakan teknologi CMOS, teknologi ini menggunakan daya baterai untuk mempertahankan informasi. Diperlukan 1/10 detik untuk mengedipkan mata dalam waktu ini komputer melakukan operasi 10 juta kali.
Notebook dan komputer mobile memiliki sebuah slot PC card. Banyak PC card merupakan jenis dari flash memory card. Jenis memori flash remorable lain yang sering digunakan adalah USB flash drive. Setiap PC mempunyai port-port, ptot-port memiliki jenis konektor yang berbeda. Konektor menghubungkan kabel ke periferal. Komputer PC mungkin memiliki satu port serial, satu port parabel, beberapa port USB dan satu port Firewire. Selain port-port tersebut ada juga prot-port tambahan khsuus, yaitu port MIDI (Musical Instrument Digital Interface), port SCSI, port IRDA (infrared), dan port bluetooth.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah menyempatkan diri untuk mampir. Mari berbagi pandangan, inspirasi dan ilmu pengetahuan.