Wednesday, February 10, 2010

KIAT SUKSES LOLOS SELEKSI PARAMADINA FELLOWSHIP 2010


Assalamualaikum Wr.Wb

Salam sejahtera

Hai teman-teman, langsung aja ya. Sebelumnya kami ingin menegaskan, bahwa ini hanyalah sebagai sebuah stimulus bagi teman-teman semua untuk dapat mendaftar Paramadina Fellowship 2010 dengan sebaik-baiknya agar InsyaAllah bisa mendatangkan hasil yang maksimal dan seperti yang kita semua harapkan, amin. Jadi kami tidak dapat memastikan bahwa teman-teman pasti akan diterima bila mengikuti anjuran kami,karena itu memang bukan kewenagan kami, dan ini hanya bersifat to share aja dengan temen-temen berdasarkan pengalaman yang pernah kami alami sebagai penerima Paramadina Felloship 2008 dan 2009. Tapi setidaknya, bisa menjadikan yang terbaik, dan syukur bila dapat menjadikan teman-teman sebagai penerima Paramadina Fellowship 2010, amin.

OK, kita awali dengan cara pengisian Formulir Pendaftaran sebanyak 14 lembar. Perhatikan benar-benar pada halaman depan Formulir pendaftaran yang menyangkut kelengkapan dokumen yang harus dikumpulkan. Pastikan tidak ada satu dokumen pun yang tertinggal, karena itu dapat menyebabkan hal yang fatal bagi kelulusan kalian pada Tahap I.

Isi data diri dan data keluarga kalian dengan selengkap-lengkapnya, usahakan jangan sampai ada yang kosong kecuali bila memang mengharuskan dikosongkan. Apapun itu keadaan kalian, tulis dengan sejujur-jujurnya keadaan kalian dan keluarga kalian. Terkait dengan kolom Cita-cita,Pelajaran,dan Tokoh Favorit isilah dengan serius dan “kalau bisa” cocok dengan jurusan yang anda pilih karena hal itu menunjukan bahwa jurusan yang kalian pilih cocok dengan kepribadian kalian.

Untuk kolom Organisasi berusahalah untuk mengingat kembali Organisasi-Organisasi yang pernah kalian ikuti dari SMP hingga SMA, dan hal ini tidak terpacu pada yang di sekolah saja, misalnya kalian pernah bergabung di Karang Taruna Desa,atau Organisasi-Organisasi yang diadakan di lingkungan sekitar kalian, misalnya Organisasi Remaja Masjid dan sebagainya,sekecil apapun peranan Organisasi itu dalam masyarakat sekitar sekalian, jangan ragu untuk menyertakan keterangan keikutsertaan kalian dalam Organisasi tersebut. Begitu juga dengan prestasi-prestasi kalian, baik yang akademis maupun non akademis, baik berupa sertifikat keikutsertaan hingga piagam kejuaraan tolong kalian sertakan dengan sedetail-detailnya jangan sampai ada yang terlewatkan, termasuk bila kalian pernah bekerja di suatu Instansi, magang, mengikuti pelatihan, Pernah menjadi ketua panitia suatu kegiatan atau perlombaan, pernah menjadi Pembawa Acara, dan masih banyak yang lainya. Kalaupun kalian pernah mengikuti lomba namun tidak menang, menurut hemat kami jangan malu pula untuk menyertakan perlombaan-perlombaan yang pernah kalian ikuti meskipun tidak membuahkan kemenangan. Yang perlu kalian ingat dan catat, suatu hal yang kecil sekalipun akan mendapatkan penilaian tersendiri bila kalian menyertakan hal tersebut dalam formulir pendaftaran kalian.

Hal kedua, adalah menegenai jurusan. Pilihlah Jurusan yang cocok dengan minat dan bakat kalian. Bukan hanya minat, namun sesuaikanlah pula bakat dengan jurusan yang kalian pilih. Pilih jurusan yang benar-benar kalian “punya” kemampuan dalam jurusan tersebut. Karena alasan kalian memilih suatu jurusan yang terkait dengan minat dan bakat kalian mencerminkan sejauh mana kalian cocok dengan jurusan yang anda pilih tersebut. Dan yang jadi penekanan disini, Jurusan merupakan ujung tombak dari kelulusan kalian. Jurusan merupakan hal pertama yang dilihat dari Tim Panel dari formulir pendaftaran kalian kirimkan. So,,saran kami, pikirkan baik-baik jurusan yang akan kalian pilih. Jangan sampai kalian salah memilih jurusan. Ada beberapa jurusan yang peluangnya besar, dan kalaupun kalian memilih jurusan yang “sekiranya” peluangnya tidak terlalu besar, hal itu tidak mengapa, namun itu berarti kalian harus siap berjuang mati-matian karena saingan kalian adalah seluruh siswa dari seluruh Indonesia.Dan jangan pernah takut sebelum kalian berperang. U’ll never know ‘till u have tried.

Hal ketiga yang sering menjadikan pertanyaan bagi kalian adalah tentang Essay. Untuk tahun 2010 ada Essay dengan tema “ Saya di Tahun 2025”. Kalau kami menyarankan tulislah suatu tulisan tentang diri kalian di tahun 2025 yang menyangkut Cita-cita kalian atau impian kalian terkait dengan jurusan yang telah kalian pilih tersebut. Refleksikan diri kalian seperti apakah di tahun 2025. Jangan lupa untuk mengaitkan Kepribadian kalian, Etos Hidup kalian, Motivasi kalian dalam mengikuti PF 2010 dan keyakinan serta semangat untuk lolos PF 2010 dan pastinya bakat dan kemampuan kalian dalam mewujudkan Cita-cita atau harapan kalian dengan melalui jurusan yang kalian pilih tersebut. Bila alasan kalian mengikuti PF 2010 karena alasan finansial, maka jangan pernah malu untuk menuliskan alasan tersebut sesuai kenyataan yang ada.

Essay yang kedua adalah “Pengalaman Pahit Saya” .Tulislah suatu pengalaman pahit yang mungkin paling pahit serta bermakna dalam kehidupan kalian, dimana pengalaman itu menjadi Kontributor terbesar dalam perubahan hidup kalian ke arah yang lebih positif tentunya di masa sekarang. Jangan lupa menceritakan kegigihan kalian dalam menghadapi kepahitan tersebut. Tunjukan bahwa kalian adalah sosok pribadi yang kuat,tegar,tawakal dan selalu bertekad untuk merubah kepahitan tersebut menjadi suatu kondisi yang bisa mendatangkan kebaikan bagi kalian,tunjukan bahwa kalian adalah sosok yang pintar mengambil hikmah dari setiap musibah.Dan tulis pula “sedikit atau sebersit” tentang pengalaman berharga kalian, sehingga Tim Panel mengetahui “sedikit” tentang pengalaman berharga yang pernah kalian raih. Mungkin saja pengalaman berharga itu merupakan hasil dari pengalaman pahit kalian.

Yang perlu menjadi catatan di sini adalah, tulis dengan serapi-rapinya Essay tersebut, karena tulisan mencerminkan kepribadian. bagi kalian yang pintar berbahasa Inggris, kami persilakan bila kalian ingin menulis dalam bahasa Inggris, karena bagi kalian yang bisa berbahasa asing mempunyai nilai plus tersendiri. namun bagi kalian yang lebih nyaman menggunkan bahasa Indonesia, maka tulis saja dalam bahasa Indonesia. Just be your self aja.

Ketiga, adalah mengenai Surat Rekomendasi Guru (ditulis menggunakan huruf balok). Usahakan minta rekomendasi kepada guru yang benar-benar mengenal kalian secara luar dalam, baik tentang kepribadian kalian, prestasi kalian, keadaan ekonomi kalian, hingga keaktifan kalian di lingkungan sekolah. Begitu pula dengan Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah ataupun Tokoh Masyarakat.Sedikit tips, sebelum Pemberi Rekomendasi memberikan Rekomendasi untuk kalian, berilah pengertian secara baik-baik kepada Pemberi Rekomendasi bahwa rekomendasi ini sangat menentukan bagi kalian terkait penerimaaan beasiswa dari Paramadina Fellowship 2010, agar Pemberi Rekomendasi bisa membantu anda melalui Rekomendasu yang beliau berikan, (ingat surat Rekomendasi harus tertutup rapat dalam amplop saat dikirimkan).

Pengalaman untuk penyemangat dalam mengikuti PF 2010.

Temen-temen cukup mengingat satu kalimat motivasi You’ll never know ‘ till you have tried. Kita gak akan tahu sebelum kita mencobanya. Jangan sampai teman-teman menyerah sebelum mengikuti PF 2010. Jangan pernah teman-teman mengurungkan niat untuk mendaftar PF 2010 karena ‘mungkin’ teman-teman merasa tidak pintar, tidak mempunyai prestasi, atau nilai raport yang pas-pasan, come on guys,,setiap manusia pasti mempunyai kelebihan. Bagaimana kita menggunakan kelebihan kita untuk menutupi kekurangan kita, itulah yang harus kita perjuangkan dalam mengikuti Paramadina Fellowship.

Sekedar cerita, saya bukanlah seorang yang pintar. Nilai rata-rata raport saya tiap semester juga tergolong “pas-pasan”. Bahkan bisa dikatakan dari semua pendaftar dari SMA 1 kudus, hanya saya yang mempunyai nilai rata-rata terendah. Satu kenyataan yang bisa menjatuhkan mental siapapun yang tidak mempunyai keberanian dan modal “nekad”. Namun saya selalu ingat kalimat motivasi yang saya sebutkan di atas tadi. Maka dari kalimat itulah saya selalu maju dan siap berperang melawan setiap tantangan dalam mengikuti Paramadina Fellowship.Karena saya yakin, Tuhan pasti melengkapi saya dengan segala kelebihan sebagai penawar atas segala kekurangan saya. Dan memang benar, Tim Panel adalah “Orang-Orang Hebat “ yang dapat melihat kita dari berbagai macam sisi.Bukan hanya sisi akademis saja, namun lebih jauh dari itu, Tim Panel dapat menemukan kekuatan-kekuatan di luar akademis kita yang dapat menjadi nilai plus tersendiri bagi diri kita. Dan Paramadina adalah Universitas yang menilai seseorang bukan hanya dari nilai akademisnya saja, karena nilai kecerdasan emosional , prestasi, keaktivan dan etika merupakan faktor yang sangat penting untuk diperhitungkan.Hal ini terbukti dari banyaknya para pendaftar yang gagal karena mereka hanya bermodalkan nilai akademis dan prestasi saja, tanpa memiliki faktor-faktor lain yang menguatkannya. Jadi tetaplah rendah hati atas segala kelebihan kalian, jangan sampai kalian mengesankan bahwa kalian adalah seseorang yang sombong. Jadi jangan pernah ragu untuk mencoba mengikuti Paramadina Fellowship hanya karena ketakutan-ketakutan kita sebelum berperang. Dan segala penilaian pada tahap I adalah berdasarkan formulir pendaftaran yang kalian kumpulkan, jadi isilah formulir pendaftaran secara baik, karena itulah cikal bakal dari kesuksesan kalian untuk mendapatkan Paramadina Fellowship, termasuk dalam menuliskan prestasi dan berbagai macam kegiatan yang pernah kalian ikuti selama ini.

Sedikit menyinggung tentang berita yang cukup menganggu berkaitan dengan Universitas Paramadina adalah tentang Jaringan Islam Liberal (JIL). Percayalah teman-teman, Paramadina tidak ada sangkut paut sedikitpun dengan JIL. Sebagai orang yang berpendidikan, harusnya kita dapat membedakan antara Cak Nur sebagai Tokoh Pembaharuan Islam yang bersifat Modernisme dan JIL yang mengajarkan tentang Sekularisme. Karena Modernisme dan Sekularisme itu sesungguhnya berbeda, namun bagi “oknum” yang tidak pernah membaca Buku-buku karangan Cak Nur cenderung akan menyamaratakan antara Cak Nur sebagai pendiri Paramadina dan JIL. Dan JIL mempunyai “markas” tersendiri yang bertempat di Daerah Utan Kayu Jakarta dan sangat jauh dari Kampus Paramadina, dan JIL tidak berperan apa-apa di dalam Paramadina, karena mereka tidak ada hubungan apa-apa dengan Paramadina. Semoga kalian sebagai orang yang berpendidikan dapat mempercayai orang yang sudah bertahun-tahun di Paramadina,yang telah mengetahui seluk beluk Paramadina, daripada kabar burung dari orang-orang yang tidak berpengetahuan apa-apa dan hanya mengikuti berita-berita yang beredar yang tidak terbukti kebenaranya. Bagaimana mungkin kita mempercayai Orang yang tidak pernah membaca dan tidak pernah bersinggungan secara langsung dengan Paramadina dan JIL itu sendiri? kami berbicara tentang kebenaran, bukan tentang loyalitas kami sebagai mahasiswa dari Paramadina.

Jadi teman-teman yang kami cintai, semangatlah kalian dalam mengikuti Paramadina Fellowshipn 2010. Jangan pernah takut untuk mencoba. Setiap keputusan pasti akan mendatangkan tantangan dan resiko. So, janganlah mudah menyerah dalam menghadapi setiap permasalahan dan tantangan yang muncul dalam proses kalian mengikuti Paramadina Fellowship 2010, karena Tantangan ada bukan untuk ditakuti atau dihindari dan dibiarkan sebagai pematah semangat meraih impian,namun tantangan ada untuk kita takhlukan sebagai kekuatan dalam menjemput kesuksesan. Namun semua ini tidak terlepas dari ikhtiar dan do’a. Usaha tanpa do’a adalah sombong belaka, dan do’a tanpa usaha adalah sia-sia belaka. Meminjam kalimat filsafat, ketika kamu menginginkan sesuatu, maka percayalah seluruh isi dunia akan bersatu untuk membantumu mendapatkan keinginanmu.

Semoga apa yang kami berikan ini dapat memberikan manfaat bagi teman-teman semuanya.Selamat mencoba,berjuang, berdo’a, dan kami tunngu kehadiran teman-teman semuanya di Universitas Paramadina Jakarta.

7 comments:

  1. Wokeh2

    gud post, aku g bisa coba kang, karena aku udah masuk..
    ehee....

    ReplyDelete
  2. @ ocid : hehehe,
    kan buat yang mau ikutan pf 2010 kang.,....
    udah 2 tahun ak buat kaya gini buat adik kelas aku mas,
    semoga bermanfaat aja...

    ReplyDelete
  3. suhar aku udah follow,
    follow balik ya hehehe

    ReplyDelete
  4. @ Riki
    ak dah follow kamu duluan..
    hehehehhe
    tulisan ak itu,, yg ak kirim buat adik kamu si faizal

    ReplyDelete
  5. saya boleh ikutan pf gak ya??? hehe

    har, mampir-mampir juga k blog saya yo ...
    @rosyid : eksis teruuus bro..

    ReplyDelete
  6. Asslmlkm. .
    Subhanalloh. . Jazakalloh atas info dan bantuannya. .

    Doakan saya, spy dapat menyusul di PF 2010. Amin. .

    ReplyDelete
  7. kak, aku lagi menunggu pengumuman fellowship nya ni :D tp belom keluar" juga. ntar kalo dah keluar boleh kaka post ga di blog kaka ini?

    thanks before :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah menyempatkan diri untuk mampir. Mari berbagi pandangan, inspirasi dan ilmu pengetahuan.